Museum kereta api Ambarawa adalah sebuah museum yang terletak di kota Ambara, Jawa Tengah. Di museum ini terdapat koleksi beberapa kereta api yang pernah berjaya pada zamannya. Sayangnya sekarang kereta-kereta tersebut dicat ulang dengan warna yang tidak seperti aslinya, sehingga kesan kuno dan antiknya hilang.

Tapi nuansa kuno dan antiknya baru terasa kalau kita naik ke kereta, walau demikian museum ini bisa dijadikan alternatif untuk mengisi liburan anak-anak. Disamping mengenalkan jenis-jenis kereta jaman dulu pada anak-anak, di sini anak-anak bisa bermain sambil naik di kereta atau fhoto bersama.Yang perlu diperhatikan oleh orang tua ketika anak-anak bermain disekitar kereta adalah kalau mereka naik di kereta karena tidak semua lantainya utuh bahkan ada yang sudah berlubang sangat lebar sehingga bisa membuat mereka jatuh, atau waktu mereka turun dari kereta harus hati-hati karena tangganya tidak sampai kebawah.

Bagi anak-anak yang suka poster kereta bisa didapat disekitar museum dengan harga yang relatip murah. Dan kalau mau naik kereta ada kereta lori yang bisa dinaiki sambil menikmati pemandangan sampai daerah Tuntang, Salatiga.

Di museum ini juga terdapat peralatan yang digunakan pada kereta api jaman dulu. Jadi tidak ada salahnya bila keluarga anda berlibur kesini, bisa mengenal jenis-jenis kereta dan saranya belajar sejarah bagi anak-anak.