Pepaya Boyolali yang terkenal manis dan segar

Pepaya Boyolali yang terkenal manis dan segar

Ketika kita lewat atau mendengar kata kota Boyolali pasti yang terlintas di benak kita adalah ” susu sengarnya ” atau wisata kuliner dan pemandian plus pemancingan ” Tlatar ” atau yang hoby mancing pasti ingat akan ” Waduk Kedung Ombonya “. Atau yang lebih sangar lagi ” Hati-hati lho lewat Boyolali, polisinya ganas-ganas ( … eh maaf ya pak polisi   :)  )  melanggar marka sedikit bisa ditilang lho ” ucap beberapa teman yang sering  lewat situ, padahal memang kita saja yang salah.

Padahal dari semua tadi masih banyak keunggulan-keunggulan kota Boyolali salah satunya adalah Kates ( bs: jawa ) atau Pepayanya. Pepaya Boyolali ( memang sengaja pake kata Boyolali daripada Thailand, biar lebih mengIndonesia dan tidak terlalu cinta negeri orang lain ) memang dapat kita jumpai sepanjang jalan Solo-Boyolali terutama dekat persawahan atau sekitar Bayudono ( kalau tidak salah siih  ). Disepanjang jalan itu kita bisa memilih dan membeli buah Pepaya dijamin dengan harga yang murah.

Menikmati Pepaya yang masih segar

Menikmati Pepaya yang masih segar

Dan pengalaman yang seumur-umur baru sekali ini aku lakukan adalah menikmati buah Pepaya langsung ditempat para pedangang. Karena selama ini yang aku tahu acara kayak gini yang paling sering adalah di tempat penjual buah Durian, lha ini.. di penjual Buah Pepaya. Tadinya aku juga bingung ketika temanku menanyakan pisau ke pedangnya ” Bu, onten pisau ..? ” tanya temenku pada pedangan. ” Onten mas, ampun kuwatir toyo nge wijik nggih enten ” jawab ibu pedangan sambil mencari pisaunya. Ternyata sudah biasa bagi para pembeli untuk langsung memakan buah Pepaya yang mereka beli.

Karena habis perjalanan dan rasa haus membuat buah Pepaya ini terasa sangat segar dan manis,  ditambah angin yang berhembus sepoi-sepoi dari persawahan menambah rasa nikmat dan capek jadi hilang. ” Seumurku lagi saiki aku tuku Kates dipangan ngiras ” celethukku pada temen-temen yang disambut dengan tawa mereka, malah ada yang jawab ” ben iso ngoceh mengko.. “. Jadi jangan lupa untuk membeli oleh-oleh hasil bumi Indonesia kalau kebetulan lewat kota Boyolali, dan yang penting coba saja sekali-kali anda langsung menikmati buah Pepaya ditempat para penjual biar tambah seger dan manis.