facebook

facebook

Membaca koran edisi sabtu 23 Mei 2009, yang memuat tentang Fatwa ” haram ” tentang facebook oleh Bahtsul Nasail yang diikuti 50 pondok pesantren ( ponpes ) se-Jatim, sedikit mempengaruhi pikiranku. Bagaimana tidak facebook sekarang baru booming alias baru ngetren-ngetrennya di Indonesia, bahkan menurut survei facebook ini sudah mengalahkan populernya mesin pencari seperti yahoo dan google. Malah ada ungkapan yang cukup mengelitik ” kalau tidak punya facebook berarti termasuk : kuper, gaptek atau ketinggalan jaman “.

Salah satu tampilan Facebook

Aku yang termasuk pengguna facebook juga kanget dan mencari isi berita yang sebenarnya. Setelah membaca sampai selesai ternyata yang di haramkan itu apabila digunakan untuk PDKT atau pendekatan lawan jenis untuk menikah karena dalam Islam sudah ada aturan tersendiri untuk mengetahui latar belakang dan karekteristik lawan jenisnya itu. Disamping itu juga ditambahkan facebook diharamkan juga kalau untuk menyebarkan gosip dan kebohongan. Wah lha kalau ini sich tidak usah pake facebook sepengetahuanku memang sudah dilarang.

Memang sich ada beberapa manfaat juga kita menggunakan facebook, antar lain :

  1. Kita bisa mencari teman-teman kita waktu di sekolah ( tentunya kalau mereka juga pengguna facebook ) .
  2. Kita bisa saling kabar dan tukar informasi .
  3. Chatting lewat facebook.
  4. Kita juga bisa bikin group sesuai dengan kemauan kita, maka tak jarang kalau sering kita jumpai group  nama satu kota aja ada lebih dari 1 (satu ) group.
  5. Bisa menambah teman, tidak hanya di Indonesia tapi bisa sampai ke manca negara.
  6. Sebagai sarana promosi dan perkenalan produk ke konsumen bagi produsen.
  7. Dan masih banyak lagi…

Tapi yang jelas semua itu tergantung dari kita pribadi mau untuk keperluan apa kita gabung ke facebook, mau untuk kebaikan atau untuk keburukan.

Sebelumnyapun sempat tersebar kalau facebook merupakan alat mata-mata bagi Amerika untuk mengintai gerak-gerik musuhnya, karena di facebook ada aplikasi yang memuat informasi seseorang mulai dari nama, jenis kelamin, alamat sampai informasi tentang  pendidikan pengguna facebook. Dan yang pasti sampai saat ini belum ada fasilitas untuk keluar dari facebook, dan ini merupakan alasan yang masuk akal kalau ada pendapat bahwa facebook merupakan alat mata-mata bagi Amerika. Wallahu a’lam bish-shawab.