Tanda-Tanda Kebotakan

Subhanallah, Allah Ta’ala menciptakan segala sesuatu pasti ada manfaat dan hikmahnya, sebagai contoh, ketika rambut kita sudah mulai rontok-rontok jangan kanget nanti kalau suatu saat sudah botak kepala anda. Padahal rasanya baru kemarin kita memiliki rambut yang panjang dan kuat. Tapi kalau kita menengok kebelakang mungkin kita sedikit tahu apa sebabnya, antara lain :

  1. Faktor turunan, American Academy of Family Physicians menyatakan bahwa penyebab kebotakan yang paling umum adalah karena faktor keturunan. Jika orang tua mengalami kebotakan maka kemungkinan salah satu anaknya ada yang mengalami kebotakan juga.
  2. Hormon yang tidak seimbang, penyebab kebotakan karena hormon yang tidak seimbang seperti androgens dan estrogens atau tidak terlalu aktifnya kelenjar tiroid. Kondisi hormonal ini bisa diatasi dengan mengunjungi dokter dan melakukan perawatan.
  3. Efek setelah operasi, American Academy of Family Physicians mengatakan bahwa kebotakan kadang-kadang terjadi tiga atau empat bulan setelah menjalani operasi besar. Namun, setelah beberapa waktu berlalu rambut bisa tumbuh kembali.
  4. Pengaruh obat-obatan, beberapa pengobatan seperti pengencer darah, pengobatan untuk tulang, kemoterapi dan obat antidepresi bisa menyebabkan rambut rontok yang dapat memicu kebotakan.
  5. Akibat infeksi jamur, infeksi jamur yang terjadi di kulit kepala bisa menyebabkan kebotakan, sebaiknya segera diobati dengan obat anti jamur atau berkonsultasi dengan dokter kulit. sumber : http://health.detik.com

Tapi apa semua itu berakibat jelek untuk kita, ternyata tidak dan Subhanallah, menurut penelitian oleh University of Washington School of Medicine bahwa pria yang mulai mengalami kerontokan rambut sebelum usia 30 tahun ternyata berisiko lebih rendah mengembangkan kanker prostat. Bahwa pria yang mengalami kerontokan rambut lebih muda ternyata memiliki peluang lebih rendah mengembangkan tumor kanker prostat. sumber : http://female.kompas.com/

Ternyata Allah Ta’ala menjadikan segala sesuatu itu ada hikmahnya, dibalik penampilan yang kurang menarik ( baca kurang ganteng/bagus ) bagi laki-laki ada sebuah manfaat yang lain dibalik semua itu, tinggal kita mau bersyukur atau tidak …!!!