Kampoeng Batik Kauman

Kampoeng Batik Kauman


Lebaran kemarin terasa sangat berkesan, gimana tidak ? udah semua saudara berkumpul di WERU dapat bercerita dan saling tukar pikiran. Keadaan ini tentu saja sangat jarang kami lakukan. Anak-anak tak kurang senangnya, ini mungkin sisi lain dari berkah Iedul Fitri dari Allah. Bahkan Ahlam dan Ahnaf seakan tak sabar menanti hari-hari itu. Jauh hari sebelumnya mereka sudah mempersiapkan diri, bahkan Ahlam diperjalanan selalu menanyakan terus.. :)

Lebaran kemarin aku mengantar saudaraku dari Depok untuk mencari oleh-oleh batik, tujuan pertama adalah ke Pasar klewer. Tapi melihat rame dan sangat padatnya :( :( kami jadi urung untuk masuk ke pasar. Kasihan anak-anak kalau harus berdesak-desakan. Tak lama para tukang becak menawari ke kampoeng batik Kauman. ” ke kampoeng batik saja mas !.. disana lebih enak dan bagus-bagus… ” hardik mereka. Dalam hati aku berkata ” wah…, udah kayak di Jogja nich.. ” kalau di Jogja mereka menawarkan pusat oleh-oleh mulai dari makanan sampai pakaian.

Setelah naik becak, tak berapa lama kami tiba di Kampoeng Batik Kauman. Di situ terdapat beberapa rumah yang sengaja menjual batik dan pernak-perniknya. Ya .. kalau dibanding di pasar Klewer ya jauh enak disini, tempatnya bersih ber-AC, Ramah dan dapat minum lagi … :D.
Tentu saja itu semua harus dibayar mahal, Kaos batik yang di Klewer atau PGS paling sekitar Rp 30.000,- s/d Rp. 45.000,- di situ bisa mencapai Rp 75.000,- .
Makanya saat Mas dan Mbak menawari aku, suruh milih pakain, buru-buru aku ngomong ” mboten sah mas/mbak… kulo mboten tertarik… ? ” biasa orang jawa, padahal pinginnya ya ambil 1 atau 2… :( :(

Yang untung Ahnaf dan Ahlam, dapat pakaian baru mahal lagi.. :D :D
ya…mumpung ada Pakdhe dan Budhe yang mbayari.. :) :D
Ya… lebaran yang indah dan berkah adalah berkumpul sama keluarga.

Iklan